IDENTITY
Name of University:
Universitas Islam Riau
Name of Office:
Kantor Urusan Internasional dan Kerjsama (KUIK)
Office Establishment:
SK. Rektor Keputusan Rektor Universitas Islam Riau
No. 081 /UIR/KPTS/2017
Office Manager:
Dr. Rendi Prayuda, S.IP., M.Si
Internationalization is becoming increasingly important for universities in Indonesia, as they compete to achieve World Class University status. To support this goal, Universitas Islam Riau (UIR) has established the Office of International Affairs and Cooperation (OIAC).
The Office of International Affairs and Cooperation (OIAC) is a department under the Rector that supports and facilitates collaboration with universities, industries, and other institutions at both national and international levels.
OIAC is managed by the OIAC Coordinator with the assistance of several departments. OIAC activities basically encourage various national and international cooperative activities, including: joint research, education and community service, as well as Islamic da’wah.
Vision
“Realizing Excellent Service to Create a World-Class Islamic University in 2041”
MISSION AND PURPOSE
The Office of International Affairs and Cooperation (OIAC) is responsible for implementing activities related to national and international cooperation, as well as foreign students and is directly responsible to the Rector.
- The role involves planning and coordinating activities at Universitas Islam Riau (UIR) in collaboration with international and national partners, with a focus on enhancing the university’s global ranking and supporting international students.
- Preparing materials and administering cooperation activities for foreign students.
- Preparing and evaluating implementation plans, programs, and activities.
- Developing and managing related to cooperation with and support for foreign students.
Visi
“Menjadi Pusat Kajian Percepatan Pencapaian TPB (SDGs)”
Visi ditetapkan dalam rangka mewujudkan visi Universitas Islam Riau. Visi Pusat Kajian TPB (SDGs) tersebut secara tidak langsung mendukung penyediaan sumberdaya manusia (SDM) berkualitas yang siap mengembangkan kajian bidang TPB (SDGs) untuk menghasilkan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.
Misi
Misi dari Pusat Kajian TPB (SDGs) yang berkualitas untuk percepatan pencapaian TPB dengan rincian antara lain.
1) Mendukung pencapaian TPB (SDGs) di Indonesia dan daerah 2030
2) Melakukan monitoring progress capaian TPB (SDGs) secara independen
3) Melakukan kajian dan pengabdian dibidang TPB (SDGs)
4) Memfasilitasi dialog untuk pencapaian TPB (SDGs)
5) Memberikan rekomendasi kebijakan untuk pencapaian TPB (SDGs)
Peran dan Fungsi
- Peran
Peran dan fungsi Lembaga TPB/SDGs UIR yaitu mendukung peningkatan capaian TPB (SDGs) melalui kajian TPB/SDGs yang berkualitas dan secara spesifik dijelaskan sebagai berikut.
1) Membantu Lembaga Pemerintah dan Stakeholders terkait dalam penyusunan dokumen Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan dalam rangka percepatan pencapaian TPB (SDGs)
2) Memberikan kesempatan untuk Pelatihan dan Magang TPB (SDGs)
3) Melaksanakan Workshop terhadap Stakeholders
4) Webinar on TPB (SDGs)
5) Commitment on TPB (SDGs) workshop
6) TPB (SDGs) Leadership workhop
- Fungsi
Fungsi Lembaga TPB/SDGs UIR yaitu mendukung percepatan capaian TPB (SDGs) melalui kajian TPB/SDGs yang berkualitas dan secara spesifik dijelaskan sebagai berikut.
1) Mengembangkan kajian multi disiplin ilmu yang sinergi dengan pencapaian target TPB/SDGs
2) Merekomendasi kebijakan berbasis kajian kepada pemerintah dan stakeholders lainnya dalam upaya pencapaian target TPB/SDGs
3) Memfasilitasi klinik TPB/SDGs yang terintegrasi dalam program kerja nyata dari level desa hingga provinsi
4) TPB/SDGs dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian di UIR
5) Menyerbarluaskan pengetahuan tentang dikalangan Kampus dan Masyarakat TPB/SDGs